Manfaat Menulis Artikel Blog Untuk Kesehatan

Abbox.my.id - Sebagai blogger kita harus bisa menjaga kesehatan fisik maupun kesehatan mental diri kita sendiri. Bisa dengan olahraga apapun, baik itu lari santai, senam, nge gym, dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan agar kita bisa melakukan seluruh aktivitas blogging dengan baik, terutama dalam menulis artikel.

Ketika kondisi kita sehat, hal ini memungkinkan kita bisa jauh lebih maksimalkan dalam menulis artikel blog. Bukan sekedar menyalurkan hobi, selain bisa menghasilkan manfaat dari segi finansial, ternyata aktivitas ngeblog memiliki cukup banyak manfaat dari segi kesehatan juga loh.

Manfaat Menulis Artikel Blog Untuk Kesehatan
Photo by Lukas Blazek on Unsplash

Manfaat Menulis Artikel Blog Untuk Kesehatan.

1. Blogging Sebagai Terapi Kesehatan Mental

Perlu kalian ketahui, riset yang dilakukan oleh ilmuan dari University of Texas, Prof. James Pannabeker, Ph.D. Mereka menemukan bahwa manfaat menuangkan emosi ke dalam tulisan mampu meningkatkan sistem imun tubuh, menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi jantung, mengurangi asma dan gejala arthritis. Secara psikologi, aktivitas menulis ini mampu menurunkan anxiety (kecemasan) dan depresi.

2. Blogging Dapat Meningkatkan Hormon Kebahagiaan

Dopamin adalah hormon yang bekerja menghasilkan perasaan bahagia dan senang. Karena itu lebih dikenal sebagai hormon kebahagiaan.

Dengan membuat artikel yang bermanfaat untuk pembaca, setelah itu kita mendapatkan feedback positif dari pembaca melalui kolom komentar blog, aktivitas ini secara otomatis akan membuat hormon dopamine meningkat. Tentu hal ini membuat kita lebih percaya diri dalam menulis konten bukan ?

3. Blogging Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Dengan menulis secara alami akan meningkatkan daya ingat, kecerdasan. Selain itu, menulis juga dapat menyalurkan sisi emosional secara positif.

4. Blogging Dapat Meredakan Kecemasan

Untuk menghilangkan rasa cemas dan stres yang lebih efektif bisa dengan menulis. Riset itu berhasil menemukan bukti pertama tentang manfaat menulis ekspresif. Riset yang dipublikasikan di jurnal Psychophysiology itu dipimpin oleh Hans Schroder. Ia adalah lulusan doktoral MSU yang sekarang melakukan penelitian di Laboratorium untuk Neuroscience Terjemahan dan Afektif di Rumah Sakit McLean di Belmont, Massachusetts, Amerika Serikat.

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang bisa kamu dapatkan dari aktivitas blogging, dan pada dasarnya semua aktivitas yang positif itu akan menghasilkan manfaat yang baik pula bagi kesehatan mental atau fisik seseorang. Untuk itu saya pribadi ingin mengajak teman-teman semua untuk selalu mengisi waktu luang dengan hal yang positif, dan jangan lupa istirahat yang cukup.

Semoga Bermanfaat.

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2021

Abbox